SABTU SEHAT CERIA BERSAMA MIN 1 PATI

Sabtu, 6 oktober 2018.

Program  sabtu sehat ceria diadakan di MIN 1 pati setiap hari sabtu. Semua guru, karyawan dan seluruh siswa tanpa terkecuali wajib mengikuti kegiatan ini. Dengan memakai seragam olahraga khas, MIN 1 pati siap menyehatkan badan bersama. Banyak orang tua yang tidak menyadari pentingnya olahraga bagi anak. Mereka menganggap bahwa senam atau olahraga hanya dilakukan oleh orang-orang yang “sudah berumur” demi menjaga agar tidak mudah terkena penyakit berat. Namun sebenarnya ada banyak manfaat yang didapat untuk anak-anak jika ia rutin melakukan senam. MIN 1 pati mencoba mengajak dan melatih anak-anak untuk gemar berolahraga sejak usia dini karena tubuh anak masih mempunyai kelenturan yang baik sehingga lebih mudah melakukan gerakan-gerakan senam agar perkembangan tubuh anak lebih optimal.

Kegiatan senam biasa dilakukan di MIN 1 pati dengan diiringi lagu atau disebut senam irama. Dalam senam irama ini akan terbentuik koordinasi  gerakan dengan alunan irama. Dengan lagu yang mengiringi, maka kegiatan senam akan terasa lebih menyenangkan.  Diantara manfaat senam  irama bagi anak usia dini adalah

  1. Mengembangkan kemampuan motorik.

Senam untuk anak adalah salah satu kegiatan kegiatan yang paling berpengaruh dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak anak. Senam juga membantu anak jadi lebih sehat dan kuat.

  1. Melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh

Dengan melakukan senam anak sehat, anak bisa melatih kelincahan, kelenturan tubuh, serta koordinasi antar tungkai (tangan dan kaki). Selain itu, gerakan senam juga sangat baik untuk melatih keseimbangan dan refleks tubuh anak agar tidak mudah terjatuh

  1. Meningkatkan kekuatan otot anak

Senam menggerakan hampir seluruh bagian tubuh. Dengan begitu, kita telah menggunakan dan melatih otot-otot besar pada tangan, kaki, dan pinggul. Selain itu, terjadi peningkatan laju pernafasan dan denyut jantung yang menyebabkan kadar oksigen di darah meningkat dan pembuluh darah membesar. Perubahan-perubahan metabolisme ini akan memberikan dampak positif yang bermanfaat untuk tubuh . Dengan otot-otot yang kuat,  anak akan lebih aktif bergerak dan melompat.

  1. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke saat dewasa nanti

Anak yang sejak kecil rutin melakukan aktivitas fisik memiliki kemungkinan lebih kecil terkena penyakit jantung dan stroke di usia dewasa. Apalagi jika diikuti dengan kegiatan fisik pendukung lainnya yang menuntut jantung dan paru bekerja aktif sehingga memperlancar sistem sirkulasi dan metabolisme tubuh.

  1. Melatih ingatan

Senam anak sehat mengajak anak-anak melakukan beberapa gerakan. Agar mampu mempraktikkan dengan tepat, anak membutuhkan konsentrasi tinggi untuk bisa menghafal setiap gerakan dan urutannya serta menyesuaikan dengan alunan musik / lagu yang mengiringinya.  Dengan melakukan senam untuk anak secara rutin, anak akan belajar fokus dan tekun, melatih kemampuan fisik maupun mentalnya.

 

No Response

Leave a reply "SABTU SEHAT CERIA BERSAMA MIN 1 PATI"